Sampah Plastik

Saya sangat mencintai hutan, sungai dan laut. Saya juga sangat suka makan ikan dari sungai dan laut. Saya tidak ingin hutan, sungai dan laut menjadi kotor karena sampah, terutama sampah plastik.

Satu hal kecil yang bisa saya dan keluarga saya lakukan adalah :

1. Mengumpulkan sampah plastik dan kertas ke dalam tas plastik, kemudian membakarnya kalau tas plastik sudah penuh. Satu tas plastik besar, biasanya cukup untuk menampung sampah plastik keluarga kami selama satu sampai dua minggu.

2. Sampah daun dan sayuran kami kumpulkan dan cincang kecil-kecil, kemudian ditaruh di bawah pohon mangga, pisang dan lainnya agar bisa menjadi penyubur tanah.

3. Sisa-sisa nasi, ikan, roti, dan makanan basah lainnya, kami sebarkan di kebun, agar bisa dimakan oleh ayam, kucing, kadal, semut merah, dan mahluk kecil lainnya.

4. Botol-botol minuman yang agak besar, can, gelas, kotak makanan, dan sejenisnya, kami kumpulkan untuk diberikan kepada pemulung yang sering lewat depan rumah kami.

Kami sudah melakukan hal kecil ini sejak 2 tahun lalu. Awalnya memang terasa berat, terutama untuk menyadarkan istri dan anak-anak saya. Tapi setelah agak lama mencoba, termasuk dengan marah-marah hampir setiap hari, mereka akhirnya mau mengikutinya.

Semoga dengan langkah kecil ini, kami bisa membantu menciptakan hutan, sungai dan laut yang bersih tanpa sampah, terutama sampah plastik ……

Author: I Wayan Suada

A simple, unique, and independent person. I like reading to know more about the world, and I like writing to share my vision about life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *