Bagaimana Membuat Hidup Kita Menyenangkan?

Hidup yang menyenangkan adalah impian semua orang, dan tentunya juga impian saya sendiri. Lantas bagaimana cara kita membuat hidup kita menyenangkan? Berikut saya petikkan beberapa hal yang harus kita lakukan untuk meraih hidup yang menyenangkan itu.

1. Sukai semua orang dan keadaan yang kita temui.

Ketika sesuatu atau keadaan tidak sesuai dengan harapan kita, kita harus berusaha untuk menyukai sesuatu atau keadaan itu. Ini karena pada saat ini, inilah yang harus terjadi. Kita harus bisa menerima keadaan saat ini sebagai apa adanya. Kita tidak bisa menyalahkan atau membenci keadaan saat ini, karena kita akan semakin terikat kepadanya. Carilah sisi baik dari setiap keadaan, dan gunakan sisi baik ini untuk mulai menyukainya.

Hal ini juga berlaku untuk orang yang kita temui atau orang yang ada di sekitar kita. Jika mereka tidak sesuai dengan harapan kita, usahakan agar kita bisa menyukai mereka. Mungkin hal ini sepertinya sulit dilakukan, namun jika kita mencoba dan berlatih, kita akan bisa melakukannya. Setiap orang pasti mempunyai sisi baik, dan kita harus berfokus hanya pada sisi baik dari orang yang kita hadapi.

2. Syukuri apa yang kita miliki saat ini

Ketika kita tidak bisa mendapatkan apa yang kita inginkan, gunakan dan syukuri apa yang tersisa untuk kita. Lebih baik memiliki atau mendapatkan sesuatu, daripada tidak sama sekali.

Sebagai contoh, jika kita memiliki motor atau kendaraan yang kurang bagus, kita tidak boleh memakinya, karena dengannya kita bisa pergi kemana-mana setiap hari. Kita harus merawat dan membersihkannya sebaik-baiknya, agar ia bisa kita gunakan secara maksimal dan membantu kehidupan kita saat ini.

3. Selalulah berpikir dengan gembira

Kita harus selalu hidup dengan gembira. Jika keadaan saat ini tidak menyenangkan, buatlah ia menyenangkan walaupun hanya dalam imajinasi kita. Dengan membuat suasana yang menyenangkan dalam imajinasi kita, kita akan menarik suasana gembira yang ada di alam nyata.

Kita akan menemukan apa yang kita cari. Jika kita berfokus mencari kegembiraan, maka kita akan selalu menemukannya. Pikiran kita menarik apa yang paling sering atau paling intens kita pikirkan. Jadi berfokuslah pada kegembiraan, dan hidup kita akan selalu gembira.

4. Jangan pernah menyalahkan atau mengritik

Menyalahkan orang lain atau keadaan sangat tidak baik untuk pikiran kita. Mengritik atau menyalahkan akan membuat kita selalu berpikir dan melihat sisi negatif dari segala sesuatu. Berpikir negatif ini akan menurunkan kemampuan kita untuk berpikir logis. Pikiran negatif akan menarik pikiran negatif lain, dan hari-hari kita akan penuh dengan suasana tidak menyenangkan.

Jika kita melihat sesuatu tidak sesuai dengan yang seharusnya, kita cukup mengatakan bahwa itu tidak sesuai. Usahakan agar apa yang kita katakan tidak membuat orang lain tersinggung atau merasa direndahkan. Ingat bahwa apa yang kita katakan adalah penting, tapi jauh lebih penting bagaimana kita mengatakannya.

5. Doakan yang terbaik untuk orang lain

Selalu doakan siapa saja yang kita temui hal yang terbaik untuk mereka. Jangan pernah mengharapkan agar orang lain mengalami hal buruk. Doa terbaik adalah salah satu pemberian terbaik yang bisa kita persembahkan kepada orang lain, tanpa perlu mengorbankan apapun.

Doa terbaik adalah doa yang kita berikan dengan tulus dari hati kita yang paling dalam. Kita mendoakan orang lain tanpa mengharapkan apapun untuk diri kita. Ini akan membuat hidup kita terasa tanpa beban, dan menghilangkan semua kebencian yang ada dalam hati kita. Doa terbaik akan selalu membuat hidup kita menyenangkan.

6. Bekerjalah dengan sepenuh hati

Kerjakan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati, jangan terlalu mengharapkan hasilnya untuk diri kita sendiri. Saat kita bekerja, kita bisa ibaratkan diri kita sedang menenun, yang mana benang yang kita gunakan, turun dari hati kita yang paling dalam, karena kita tahu, yang akan memakai pakaian yang kita buat adalah orang yang sangat kita cintai.

Bekerja dengan sepenuh hati akan membuat hari-hari kita berlalu dengan ringan tanpa hambatan. Kesungguhan kita akan menarik semua potensi alam semesta untuk bersama-sama membantu kita menyelesaikan apapun yang kita kerjakan.


Author: I Wayan Suada

A simple, unique, and independent person. I like reading to know more about the world, and I like writing to share my vision about life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *